PROFIL PPID

Profil PPID

PPID adalah kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, dimana PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pelaksana (PPID Pelaksana) adalah pejabat yang melaksanakan tugas dan fungsi sebagai PPID pada satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan pemerintah daerah.

Pembentukan PPID pada Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan berpedoman pada Undang-Undang tersebut sebagai salah satu bidang sosial yang telah berkomitmen dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik yang telah ditetapkan guna menindaklanjuti. Dengan terbentuknya PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak terbelit dalam melakukan proses penerima informasi.

 

VISI DAN MISI PPID

Visi:

MEWUJUDKAN PELAYANAN INFORMASI SECARA TRANSPARAN DAN AKUNTABEL AGAR MASYARAKAT INFORMATIF

Misi: 

1. Meningkatkan pelayanan informasi yang berkualitas.

2. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam keterbukaan informasi publik.

3. Membangun dan mengembangkan sistem penyediaan dan layanan informasi.

 

STRUKTUR PPID

Sahbirin Noor Pembina PPID
( Pembina PPID - Gubernur Prov. Kalsel )
|
Murjani, S.Pd, MM
( Atasan PPID - Sekretaris Dinsos Prov. Kalsel )
|
Handiasty Eka Wardhani, S.E, M.M
( Sekretaris PPID - Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan )

                          |                                                                                  |                                                                      |
( Koordinator Pelayanan dan                             ( Koordinator Pengolah Data dan                  ( Koordinator Penyelesaian
   Dokumentasi Informasi )                                        Klarifikasi Informasi )                                   Sengketa Informasi )
1. Kepala Bidang Perlindungan                      1. Kepala Bidang Penanganan                           1. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial
     dan Jaminan Sosial                                        Fakir Miskin 
2. Kepala Sub Bagian Umum                         2. Kepala Seksi Identifikasi dan                         2. Kepala Sub Bagian Keuangan dan Aset
   dan kepegawaian                                           Penguatan Kapasitas 
3. Kepala Seksi Pelindungan Sosial              3. Kepala Seksi Pemberdayaan Potensi             3. Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial 
    Korban Bencana Alam                                   Sumber Daya Kesejahteraan Sosial                    Penyandang Disabilitas dan lanjut Usia
                                                                                 dan Kelembagaan Sosial 

 

TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB PPID

PPID

  1. PPID bertanggungjawab melaksanakan layanan Informasi Publik: proses penyampaian pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi publik.
  2. Menyusun kebijakan layanan Informasi Publik
  3. Melaksanakan layanan Informasi Publik
  4. Menyusun laporan layanan Informasi Publik
  5. Mengkoordinasikan dan mengansolidasikan penyampaian, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan Informasi Publik
  6. Melakukan verifikasi bahan Informasi Publik
  7. Melakukan pengujian Konsekuensi Informasi yang dikecualikan
  8. Melakukan Pemutakhiran Informasi dan dokumentasi Publik
  9. Melakukan pembinaan, evaluasi dan monitoring pelaksanaan teknis Informasi Publik oleh PPID atau Petugas Pelayanan Informasi Publik
  10. Menyediakan informasi dan dokumentasi yang dapat diakses oleh masyarakat

 

PPID Pelaksana

  1. PPID Pelaksana bertanggungjawab membantu pelaksanaan layanan Informasi Publik yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan Informasi Publik di masing-masing unit kerja/satuan kerja/unit organisasi/organisasi perangkat daerah/sebutan lainnya.
  2. Melaksanakan kebijakan reknis layanan Informasi Publik yang telah ditetapkan PPID
  3. Mengasolidasikan proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan Informasi Publik.
  4. Mengumpulkan dokumen Informasi Publik dari Petugas Pelayanan Informasi di Badan Publik.
  5. Menjamin Ketersediaan dan akselerasi layanan Informasi Publik agar mudah diakses oleh public.

Center Image
Center Image