SELAMAT DATANG DI OFFICIAL SITE ... DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN                                                                                                                                                                                       PENDUDUK MISKIN BERKURANG BILA ANDA IKUT PEDULI

Tujuan & Sasaran

Administrator | Selasa, 10 Desember 2013 - 03:50:53 WIB | dibaca: 2254 pembaca

  1. TUJUAN

    Dari Misi Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan dijabarkan menjadi Tujuan, sebagai berikut :
    • Dari misi (1) Mencegah dan mengurangi tumbuh kembang serta meluasnya masalah kesejahteraan sosial. dijabarkan dengan tujuan :
      1. Terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang mampu untuk melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial.
    • Dari misi (2) Mengentaskan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) agar dapat hidup yang layak dan normatif dijabarkan tujuan :
      1. Terwujudnya kemauan dan kemampuan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) guna memperbaiki taraf kesejahteraan sosial yang didasarkan atas kesetiakawanan sosial.
    • Dari Misi (3) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan fasilitas kesejahteraan sosial dijabarkan tujuan :
      1. Terwujudnya kualitas dan efektifitas rehabilitasi bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS)
    • Dari Misi (4) Meningkatkan pelayanan dan bantuan sosial bagi korban bencana dan masalah lainnya. Dijabarkan tujuan :
      1. Terwujudnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat/potensi sumber kesejahteraan sosial dalam usaha kesejahteraan sosial serta kesiapsiagaan dalam usaha pencegahan dan penanggulangan akibat bencana
    • Misi (5) Meningkatkan peran serta sosial masyarakat dalam melaksanakan usaha kesejahteraan sosial (UKS) dijabarkan tujuan :
      1. Terwujudnya sarana dan prasarana kesejahteraan sosial yang memadai untuk mendukung pembangunan kesejahteraan sosial

  2. SASARAN

    Dari Tujuan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan dijabarkan kembali menjadi Sasaran sebagai berikut :
    1. Tujuan :
      Terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang mampu untuk melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial.
      Dijabarkan dalam Sasaran :
      1. Meningkatkan kualitas penyusunan program dan rencana kerja pembangunan kesejahteraan sosial, penyelenggaraan pengarusutamaan gender, dan penilaian jabatan fungsional pekerja sosial.
    2. Tujuan :
      Terwujudnya kemauan dan kemampuan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) guna memperbaiki taraf kesejahteraan sosial yang didasarkan atas kesetiakawanan sosial.
      Dijabarkan dalam Sasaran :
      1. Meningkatkan kemampuan dan kemauan keluarga rentan, keluarga fakir miskin, keluarga berumah tidak layak huni, nilai keperintisan dan kepahlawanan, keluarga pahlawan nasional, komunitas adat terpencil dan meningkatkan kualitas penyuluhan sosial.
    3. Tujuan :
      Terwujudnya kualitas dan efektifitas rehabilitasi bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).
      Dijabarkan dalam Sasaran :
      1. Meningkatnya pelayanan dan rehabilitasi bagi tuna sosial, korban penyalahgunaan napza, penyandang cacat, lanjut usia dan perlindungan kesejahteraan sosial serta keterampilan dalam panti maupun luar panti baik yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta.
      1. Meningkatnya pelayanan dan rehabilitasi sosial yang meliputi pembinaan fisik, mental, sosial, pelatihan keterampilan, dan resosialisasi serta pembinaan lanjut bagi penyandang cacat netra, lanjut usia, anak terlantar/remaja putus sekolah dan wanita rawan sosial ekonomi yang berasal dari kabupaten/kota se Kalimantan Selatan.
    4. Tujuan :
      Terwujudnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat/potensi sumber kesejahteraan sosial dalam usaha kesejahteraan sosial serta kesiapsiagaan dalam usaha pencegahan dan penanggulangan akibat bencana.
      Dijabarkan dalam Sasaran :
      1. Meningkatnya kesiapsiagaan perangkat dan kesadaran, kemampuan serta tanggung jawab masyarakat dalam usaha pencegahan dan penanggulangan akibat bencana alam, bencana sosial, korban tindak kekerasan dan pekerja migran, pendayagunaan sumber dana sosial, akses jaminan sosial serta penyempurnaan pelaksanaan bantuan tunai bagi rumah tangga sangat miskin yang memenuhi persyaratan (PKH).
    5. Tujuan :
      Terwujudnya sarana dan prasarana kesejahteraan sosial yang memadai untuk mendukung pembangunan kesejahteraan sosial.
      Dijabarkan dalam Sasaran :
      1. Meningkatnya pemberdayaan kelembagaan sosial masyarakat (PKSM), organisasi sosial masyarakat (Orsos), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), karang taruna (KT), pengembangan wahana kesos berbasis masyarakat (WKSBM), dan upaya mewujudkan kerjasama kelembagaan dengan dunia usaha dalam bentuk program kerjasama kelembagaan dan dunia usaha (KKDU).