SELAMAT DATANG DI OFFICIAL SITE ... DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN                                                                                                                                                                                       PENDUDUK MISKIN BERKURANG BILA ANDA IKUT PEDULI

Sejarah

Administrator | Rabu, 05 April 2017 - 13:26:58 WIB | dibaca: 2910 pembaca

19 Agustus 1945 dibentuk Kementerian Kesejahteraan Sosial RI, seiring perjalanan waktu menjadi Departemen Sosial RI. Pada masa Pemerintahan Presiden RI ke-4, Bapak KH. Abdurrahman Wahid / Gus Dur, Departemen Sosial RI dilikuidasi / tidak masuk dalam Jajaran Kabinet Persatuan Nasional ( Kepres No. 355/M/1999, Tgl 26 Oktober 1999) yang kemudian berubah menjadi Badan Kesejahteraan Sosial Nasional ( BKSN ) dengan Kepres No. 152 Tahun 1999, dan di tahun 2000 selanjutnya bergabung dalam Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial ( Depkeskesos ) bersama dengan Depkes dan Kementerian Negara Masalah-Masalah Kemasyarakatan. Pada masa Pemerintahan Presiden RI ke 5, Ibu Megawati Soekarnoputri dengan Kabinet Gotong Royong, Departemen Sosial RI kembali muncul, dan di masa Pemerintahan Presiden RI ke-6, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, menjadi Kementerian Sosial RI hingga saat ini.

 

Bangunan Kantor Perwakilan Depsos Kalsel yang sekarang menjadi Kantor Dinas Sosial Prov. Kalsel

 

Seiring dengan semangat Otonomi Daerah, kondisi ini menimbulkan paradigma baru dimana posisi dan peran daerah lebih besar dalam melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan. Sebagaimana diatur berdasarkan UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan PP No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah, Pemprov, Pemkab / Kota, dengan demikian Kantor Wilayah Departemen Sosial Prov. Kalsel bergabung dengan Dinas Sosial Tingkat I Prov. Kalsel yang kemudian menjadi Dinas Kesejahteraan Sosial Prov. Kalsel, dan sesuai Perda Prov. Kalsel No. 6 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Prov. Kalsel dan Pergub Kalsel No. 8 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas ( UPTD ) dan Badan Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Peresmian Kantor Wilayah Depsos Prov. Kalsel/Dinas Sosial Prov. Kalsel (24 April 1997 oleh Mensos RI, Ibu Dra. Inten Soweno)

 

Dinas Sosial Prov. Kalsel seiring Tugas yang diemban semakin berkembang dengan permasalahan sosial yang harus ditanggulangi juga cenderung semakin kompleks, ditetapkan lagi dalam Pergub Kalsel No. 031 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok, fungsi dan uraian tugas unsur-unsur organisasi Dinas Sosial dan UPTD di Lingkungan Dinas Sosial Prov. Kalsel yaitu PSBN “Fajar Harapan”, PSAA “Budi Mulia”, PSBR “Budi Satria”, PSBW “Melati” dan PSTW “Budi Sejahtera” hingga saat ini.

 

Berikut ini daftar nama Kepala Perwakilan/Kantor Wilayah Departemen Sosial/Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan dari masa ke masa hingga saat ini.

 

Drs. ACHMAD THOHA
Kepala Perwakilan Departemen Sosial Kalimantan Selatan (1961 - 1970)


 

Drs. SUTANTO SALEH


 

H. L. D. MOODUTO, BA
Kepala Kanwil Depsos Prov. Kalsel Merangkap Kepala Dinas Sosial Prov. Dati. I Kalsel (1987 - 1990)


 

Drs. H. SEDYO MULYO
Kepala Kanwil Depsos Prov. Kalsel (1991 - 1995)


 

MUSTAFA, SH
Kepala Kanwil Depsos Prov. Kalsel (1995 - 2000)


 

Drs. H. FACHRI SIREGAR (2000)


 

Drs. H. BADARUDDIN
Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Prov. Kalsel


 

Drs. H. UMAR ACHMAD
Kepala Dinas Sosial Prov. Kalsel


 

H. M. BAHRIAR HANAFI, SH., M. Si
Kepada Dinas Sosial Prov. Kalsel


 

Drs. H. M. FARHAN
Kepala Dinas Sosial Prov. Kalsel


 

Ir. ANTONIUS SIMBOLON, MM
Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalsel (Januari - Maret 2017)


 

ADI SANTOSO, S.Sos, M.Si
Kepala Dinas Sosial Prov. Kalsel (Sekarang)