SELAMAT DATANG DI OFFICIAL SITE ... DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN                                                                                                                                                                                       PENDUDUK MISKIN BERKURANG BILA ANDA IKUT PEDULI

Panti Sosial Bina Remaja "Budi Satria"

Administrator | Rabu, 18 Desember 2013 - 06:13:23 WIB | dibaca: 36710 pembaca

 

  1. Sejarah Singkat

    Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) "Budi Satria" merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dari Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, dulu disebut Panti Penyantunan Anak (PPA) "Budi Satria" dibangun pada tahun 1979 dan mulai operasional pada tahun 1981/1982, sesuai dengan SK Mensos RI Nomor : 41/HUK/KEP/II/1979 kemudian berubah nama menjadi PSBR "Budi Satria"sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Sosial RI Nomor : 22 Tahun 1995 merupakan unit Pelaksana Teknis (UPT) Kanwil Depsos Provinsi Kalimantan Selatan, setelah terbentuk kabinet persatuan pada bulan Oktober 1999 Departemen Sosial RI diliquidasi dan PSBR Budi Satria masuk di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang secara resmi dikukuhkan dengan SK Gubernur No. 075 Tahun 2001 tanggal 29 Maret 2001 merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dari Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kalimantan Selatan .

    Panti Sosial Bina remaja "Budi Satria" Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai tugas memnerikan pembinaan kesejahteraan Sosial kepada anak terlantar putus sekolah yang meliputi pembinaan fisik, mental sosial, bakat dan kemampuan serta keterampilan kerja bagi anak terlantar putus sekolah agar mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam kehidupan bermasyarakat.

  2. Visi dan Misi

    1. Visi :
      Membentuk Anak terlantar menjadi mandiri dan berkepribadian.
    2. Misi
      1. Memberikan pelayanan yang optimal bagi remaja putus sekolah di dalam panti;
      2. Memberikan bimbingan sosial, fisik, mental keagamaan dan keterampilan kerja;
      3. Meningkatkan keberfungsian sosial dari sisi pemenuhan kebutuhan, pemecahan, masalah dan pelaksanaan peran remaja.

  3. Sarana dan Prasarana

    Luas areal tanah milik Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Prop. Kalimantan Selatan 22.070,93 M². Luas bangunan seluruhnya 6.344 M² dengan jenis bangunan terdiri dari : Gedung Kantor, Aula, Lokal Keterampilan, lokal pendidikan, Ruang Pamer, Lokal Poliklinik, Rumah petugas, Dapur, Pos Jaga, Garasi, Perpustakaan, Asrama, Wisma, Kantin Koperasi, Gudang, Ruang Makan, Menara Air, Tempat Cuci dan Lapangan Olah Raga (Basket Ball, Voli, sepak bola, Bulu Tangkis ,tennis meja,dll ).

    Guna Kelancaran proses pelayanan pada saat ini Panti Sosial Bina Remaja "Budi Satria" Propinsi kalimantan Selatan didukung petugas pelayanan pekerja Sosial Fungsional serta petugas administratif yang profesional.

  4. Tenaga Pelaksana

    Untuk kelancaran proses pelayanan PSAA "Budi Mulia" didukung oleh tenaga-tenaga pelaksana yang cukup professional dari berbagai disiplin ilmu. Saat ini jumlah PNS ada 23 orang yang terdiri dari 4 orang pejabat struktural, 8 orang fungsional Pekerja Sosial, dan 11 orang Staf. Dalam pelaksanaan kerja dibantu oleh 20 orang Tenaga Honorer, diantaranya Tenaga Psikolog, Dokter, Satpam, Tenaga Administrasi, dan Pengasuh, serta Tenaga Instruktur yang memberikan Bimbingan Mental Keagamaan, Bimbingan Belajar Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia, Bimbingan Ketrampilan Menjahit, Tata Boga, Membordir, Servis Sepeda Motor, Las Listrik dan Komputer.

  5. Pembinaan dan Ketrampilan Remaja

    1. Bimbingan Fisik
      Dalam rangka pembinaan ini Panti Sosial Bina Remaja “Budi Satria” Propinsi Kalimantan Selatan melaksanakan latihan Permildas dan berbagai kegiatan Olahraga seperti : Volly Ball, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Sepak Bola, catur, Senam Komando, Senam Poco-Poco, Senam Kesegaran Jasmani, dan Senam Jantung Sehat.
    2. Bimbingan Mental Keagamaan
      Kegiatan ini dilaksanakan berupa : Pengajian, Ceramah Keagamaan, Yasinan, dan Peringatan Hari-hari besar keagamaan.
    3. Bimbingan Sosial
      Dalam Pembinaan Sosial yang merupakan pelaksanaan fungsi Panti senantiasa dilaksanakan kegiatan-kegiatan oleh pekerja Sosial Fungsional/Peksos berupa bimbingan Sosial baik secara perorangan maupun kelompok.
    4. Bimbingan Ketrampilan
      Dalam pembinaan ini diberikan berupa keterampilan Otomotif, Mengemudi, Las Duco, Pertukangan Meubel, Meubel Aluminium Glass,Tata Rias, Menjahit, Bordir, Sasirangan, Elektronik, Komputer, Tata Boga, Service HP, dan Servis Sepeda Motor.

    5. Pelayanan Medis dan Bimbingan/Penyuluhan kesehatan
      Untuk Pelayanan Masalah Kesehatan Panti melaksanakan Pelayanan Kesehatan dasar yang diberikan oleh Paramedik selama Jam Kerja , Juga mendapatkan pelayanan Kesehatan dokter setiap hari Rabu berkoordinasi dengan Puskesmas Guntung Payung Banjarbaru ,Untuk masalah kesehatan khusus Panti memberikan pelayanan Kesehatan berdasarkan Rujukan Medik berkoordinasi dengan puskesmas dan Rumah Sakit Umum Banjarbaru sebagai pusat Rujukan Medik Panti.

      Bimbingan Kesehatan meliputi : Bimbingan Kesehatan reproduksi remaja, psikologi Kesehatan Remaja, Masalah kesehatan Remaja, Penyuluhan Tentang Bahaya Narkotika dan Zat – zat adiktif, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan Kesehatan Remaja.


  6. Penyaluran / Resosiliasi

    1. Bantuan berupa UEP/Toolkit;
    2. Dikembalikan ke keluarga dan daerah asal/membuka lapangan kerja sendiri;
    3. Dimagangkan;
    4. Dipekerjakan pada instansi pemerintah/swasta;
    5. Pengembangan Usaha.

  7. Data Siswa/Siswi Sesuai jurusan Yang Sudah Bekerja Angkatan 63 dan 64 Tahun 2012/2013

    1. Tata Rias : 19 orang
    2. Menjahit : 33 orang
    3. Automotif : 11 Orang
    4. Meubel/Aluminium : 25 orang
    5. Bengkel Sepeda Motor : 15 orang
    6. komputer : 5 orang
    7. Service HP/Elektronik : 37 Orang

  8. Pembinaan Lanjut

    1. Penciptaan komunikasi timbal balik terhadap alumni;
    2. Penyelengaraan bimbingan dan pembinaan;
    3. Monitoring perkembangan anak yang telah bekerja;
    4. Monitoring perkembangan anak yang mandiri;
    5. Motivasi anak yang belum bekerja atau belum mandiri.

  9. Persyaratan Masuk Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Provinsi Kalimantan Selatan

    1. Warga Negara Republik Indonesia;
    2. Putus Sekolah;
    3. Usia 15 sampai dengan 20 Tahun;
    4. Belum Menikah;
    5. Sehat jasmani dan Rohani;
    6. Belum bekerja/tidak bekerja;
    7. Berkelakuan Baik;
    8. Berasal dari keluarga tidak mampu;
    9. Membawa Surat Pengantar dari Dinas Sosial atau bagian Kesra Kabupaten/Kota.

  10. Waktu Penerimaan Siswa/Siswi

    Kegiatan pembinaan dan keterampilan bagi anak di PSBR “Budi Satria” selama 6 (enam) bulan, dan setiap tahunnya PSBR “Budi Satria” menerima siswa/siswi seKalimantan Selatan pada awal bulan MEI dan NOPEMBER.







    PEMERINTAH PROVINSI
    KALIMANTAN SELATAN
    DINAS SOSIAL
    PANTI SOSIAL BINA REMAJA
    (PSBR) “BUDI SATRIA”
    JL. Jend. A. Yani Km. 27.500 Landasan Ulin
    Telp/Fax. (0511) 4705066 Kode pos 70721
    Email : psbr.budisatria@gmail.com
    BANJARBARU