SELAMAT DATANG DI OFFICIAL SITE ... DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN                                                                                                                                                                                       PENDUDUK MISKIN BERKURANG BILA ANDA IKUT PEDULI

PEMBUKAAN KEGIATAN BIMBINGAN SOSIAL DAN PELATIHAN KETERAMPILAN ANGKATAN IV TAHUN 2021 PANTI RSPD " ISKAYA BANARAN"

Administrator | Kamis, 11 Februari 2021 - 21:19:13 WITA | dibaca: 108 pembaca

Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (Panti RSPD) “Iskaya Banaran” didirikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal menurut Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 9 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar pada SPM Bidang Sosial di Daerah. Panti RSPD “Iskaya Banaran” merupakan Unit Pelaksana Teknis yang masih dibawah naungan Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan dan bergerak dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas yang menjadi urusan wajib bidang sosial Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada hari Selasa, 2 Februari 2021 telah dilaksanakan Pembukaan Kegiatan Bimbingan Sosial dan Pelatihan Keterampilan angkatan IV tahun 2021 Panti RSPD “Iskaya Banaran”. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, ibu Dr. Hj. Diyah Anur Yani, M.AP, mewakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap pejabat eselon 3 dan Kepala UPTD lingkup Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan Dinas Sosial Kabupaten/Kota, para klien dan orang tua klien, serta para instruktur bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan.

Klien Panti RSPD Iskaya Banaran Angkatan IV tahun 2021 sebanyak 20 (dua puluh) orang, yang terdiri atas 2 (dua) orang dari Kota Banjarmasin, 4 (empat) orang dari Kota Banjarbaru, 5 (lima) orang dari Kabupaten Banjar, 1 (satu) orang dari Kabupaten Tapin, 2 (dua) orang dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, 2 (dua) orang dari Kabupaten Tabalong, dan 4 (empat) orang dari Kabupaten tanah Laut. Adapun jenis disabilitas yang diberikan layanan adalah terdiri atas disabilitas sensorik rungu wicara sebanyak 9 (Sembilan) orang, disabilitas fisik sebanyak 7 (tujuh) orang dan disabilitas intelektual sebanyak 4 (empat) orang.

Klien Panti RSPD Iskaya Banaran akan menjalani berbagai program dan kegiatan bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan di dalam panti selama 6 (enam) bulan, terhitung dr bulan Januari s.d bulan Juni 2021.

 

Materi bimbingan sosial terdiri atas bimbingan mental dan spiritual (Pendidikan agama dan baca tulis Qur’an), bimbingan sosial (bimbingan sosial individu dan kelompok, dinamika kelompok, kedisiplinan dan etika, serta bimbingan hidup bermasyarakat dan resosialisasi), bimbingan psikologis, bimbingan kewirausahaan. Sedangkan materi pelatihan keterampilan terdiri atas keterampilan tata busana, tata boga, komputer dan perbengkelan sepeda motor.

Harapan seluruh stake holder terkait, setelah selesai masa bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan di dalam panti, dan kembali ke tengah-tengah keluarga dan masyarakat, para penyandang disabilitas mampu menjalankan fungsi sosialnya dengan baik dan lebih berdaya guna serta mandiri.

Belum Ada Komentar



Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)