SELAMAT DATANG DI OFFICIAL SITE ... DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN                                                                                                                                                                                       PENDUDUK MISKIN BERKURANG BILA ANDA IKUT PEDULI

HUT TAGANA KE-10

Administrator | Selasa, 01 April 2014 - 09:41:15 WITA | dibaca: 3249 pembaca

Sejak kehadirannya tanggal 24 Maret 2004 hingga kini, Taruna Siaga Bencana atau lebih dikenal dengan sebutan TAGANA telah memiliki personil aktif sebanyak 29.071 orang yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Pahit, asam dan manis telah dirasakan Tagana hingga usia yang ke 10 tahun saat ini. Berbagai upaya penanggulangan bencana baik local, nasional maupun internasional telah dibuktikan oleh Tagana. Tagana dilahirkan sebagai jawaban atas kondisi kerawanan bencana di Indonesia dan manifestasi dari penanggulangan bencana berbasis masyarakat seperti penanggulangan bencana Gempa Bumi Aceh Tengah dan Bener Bener Meriah, Erupsi Gunung Rokatenda, Sinabung, Banjir Way Ela, Manado, jawa Tengah, Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan dan kejadian bencana lainnya. Bahkan pendirian shelter dan dapur umum bagi korban bencana di Pujon Malang Jawa Timur pada tanggap darurat erupsi gunung Kelud beberapa waktu lalu telah mendapat apresiasi tersendiri dari Bapak Presiden RI beserta Ibu Negara.

Tagana Kalsel


Tagana telah menjadi perhatian masyarakat dalam penanggulangan bencana khususnya pada “Dapur Umum Lapangan” dan pendirian “Shelter untuk pengungsi. Kami berharap kedepan Tagana lebih visioner dan meningkatkan kemampuan dan skillnya menjadi lebih handal serta professional berkiprah dalam penanggulangan bencana khususnya bidang perlindungan sosial, “kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri” saat Apel Tagana memperingati HUT Tagana ke 10 di Tagana Training Center Sentul Bogor Jawa Barat, Senin 24 Maret 2014 lalu.

Dalam sambutan beliau mengatakan, untuk pertama kalinya para TAGANA menggunakan rumahnya sendiri yaitu TAGANA Training Center yang telah selesai dibangun beberapa waktu lalu. Gedung dan lingkungan ini dibangun dengan maksud sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, pengembangan serta tempat acara-acara strategis yang menyangkut TAGANA. Oleh karenanya perlu patut disyukuri dan berbangga atas berdirinya gedung ini, karena tidak semua relawan penanggulangan bencana Indonesia memiliki pusat latihan semegah dan selengkap ini.

Rangkaian perayaan HUT TAGANA ke 10 ini telah berlangsung di seluruh provinsi di Indonesia diantaranya :

  1. Tagana Kab. Hulu Sungai Selatan Telah Melakukan Bedah Rumah RTSM sebanyak 2 buah di Desa Parincahan Muko;
  2. Tagana Kota Banjarmasin juga melakukan bedah rumah sebanyak 1 buah di Kec. Banjarmasin Tengah;
  3. Tagan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan syukuran di Aula Dinas Sosial Sosial Prov. Kalsel pada tanggal 23 Maret 2014;
  4. Tagana Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan 34 orang Tagana untuk mengikuti APEL HUT TAGANA ke 10 tahun 2014 di TTC Sentul Kab. Bogor;
  5. Bantuan untuk korban bencana Kelud oleh Tagana Provinsi Lampung;
  6. Reboisasi 500 pohon dan rehabilitasi lingkungan rawan bencana oleh Tagana Provinsi Kalimantan Timur;
  7. Pembersihan pantai tanjung sari gunung kidul oleh Tagana DI Yogyakarta;
  8. Tagana Goes to Schools, Tagana go green, santunan anak yatim dan fakir miskin serta cacat dan donor darah oleh Tagana Provinsi Aceh;
  9. Penghijauan, pembersihan sarana dan lingkungan, relokasi rumah korban bencana dan simulasi penanggulangan bencana banjir.

Berikut ini merupakan foto kegiatan Simulasi Pertikal Rescue dan Pendistribusian Bantuan ke Lokasi Bencana oleh Tagana Kalimantan Selatan:





3 Komentar

Bagus
06 April 2014 - 22:37:15 WIB
Selamat Ulang Tahun, Tagana.
Rizal
10 April 2014 - 07:11:55 WIB
Maju terus, Tagana
Saddam Hussin
06 November 2014 - 21:32:11 WIB
Assalamu'alaiqum,, bisakah saya bergabung dengan TAGANA ini, misalnya bisa bagaimana cara saya untuk bisa bergabung dengan Anggota Tagana Kalsel ini,, :)


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)